BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Lahirnya
teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik,
teknik komputer dan perangkat lunak.Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar
digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara
maupun video dalam bentuk digital.Multimedia merupakan konsep dan teknologi
dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam
komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang
sangat inovatif antara komputer dengan user.Teknologi Multimedia merupakan
perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak
dengan teknologi elektronik, perkembangan serta pemanfaatan teknologi
multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek kegiatan.
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila
dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya
terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang
dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai
dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Multimedia
sering digunakan dalam dunia hiburan.Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga
diadopsi oleh dunia Game.Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan
dan bisnis.Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas penulis menarik rumusan masalah untuk dijadikan pokok
pembahasan dalam makalah ini yaitu :
1.
Apa pengertian Aplikasi Multimedia ?
2.
Apa kebutuhan Perangkat Keras ?
3.
Bagaimana Elemen Multimedia ?
4.
Bagaimana Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program
Multimedia ?
C. Tujuan
Adapun tujuan
dari penulisan makalah ini yaitu sebagai berikut :
1.
Mengetahui pengertian aplikasi multimedia
2.
Mengetahui apa-apa saja kebutuhan perangkat keras
dalam multimedia
3.
Mengetahui berbagai macam elemen multimedia
4.
Mengetahui jenis perangkat lunak untuk menciptakan
program multimedia
BAB II
PEMBAHASAN
Multimedia
diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media
atau perantara.Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,
grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat
disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi.
Disini dapat
digambarkan bahwa multimedia adalah suatu kombinasi data atau media untuk
menyampaikan suatu informasi sehingga informasi itu tersaji dengan lebih
menarik.
“Multimedia adalah
kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau Multimedia secara umum
merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick 1996)
atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output dari data, media dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks,
grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau Multimedia merupakan alat yang dapat
menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,
grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001). Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang
memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dalam definisi
ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat
dan didengar. Kedua, harus ada link
yang menghubungkan pemakai dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang membantu pemakai menjelajah
jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat,
multimedia menyediakan tempat kepada pemakai untuk mengumpulkan, memproses, dan
mengkomunikasikan informasi dengan ide.
Jika salah satu
komponen tidak ada, bukan multimedia dalam arti luas namanya. Misalnya, jika
tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran, bukan
multimedia.Kalau tidak ada alat navigasi yang memungkinkan untuk memilih
jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia. Demikian juga
kita tidak mempunyai ruang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka
nama televisi, bukan multimedia. Dari beberapa definisi di atas, maka
multimedia ada yang online (Internet) dan multimedia ada yang offline
(tradisional).”
A. Aplikasi Multimedia
Aplikasi
multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan
elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video.
Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile , video untuk
tutorial, e-Learning , maupun Computer Based Training
1.
Jenis Aplikasi Multimedia
Jenis aplikasi
multimedia sangatlah beragam dan banyak, klasifikasi multimedia dapat
digolongkan dari cara penyajian dan tujuan. Dilihat dari cara penyajiannya
program multimedia digolongkan menjadi;
a.
Linear Program atau
Continuous Program
Yaitu sebuah
program yang berkesinambungan dari awal sampai akhir karena informasinya
disusun berurutan dari awal hingga akhir, sehingga penayangannya tidak mungkin
dihentikan pada suatu saat secara acak, karena informasi yang disampaikan akan
menjadi tidak lengkap dan tidak jelas. Secara garis besar linear program
terdiri dari pembukaan, kemudian diikuti bagian isi atau uraian apa yang
dikemukakan pada pendahuluan dan terakhir adalah bagian penutup. Penutup ini
dapat berupa kesimpulan atau ringkasan seluruh uraian tersebut. Program
multimedia dengan bentuk linear program, dapat berupa program audio visual
statis seperti multi image slide program, audio visual gerak, animasi film,
maupun gabungan ketiga media tersebut
b.
Interactive Program
Yaitu sebuah
aplikasi yang dapat masing-masing berdiri sendiri sehingga aplikasi tersebut
dihentikan pada suatu saat secara acak dan tetap memberi kan informasi yang dibutuhkan
yang merupakan bagian atau unit terkecil dari keseluruhan aplikasi. Aplikasi
interaktif memberikan banyak pilihan kepada audience untuk memilih sendiri
informasi yang diinginkan, dan dari mana akan dimulai serta diakhiri, ataukah
hanya sebagian saja dari keseluruhan informasi yang dibutuhkan
Berbagai aplikasi multimedia dapat dilihat pada Tabel
1.Tampak bahwa aplikasi multimedia sangat luas.
Tabel 1 Aplikasi multimedia
Aplikasi
|
Keterangan
|
Presentasi bisnis
|
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang
efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke
audien.
|
Pelatihan berbasis computer
(CBD/Computer Based Training)
|
Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran
tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh, CBT digunakan
untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti
ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang dapat divisualisasikan,
tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga diperdengarkan.
|
Hiburan
|
Multimedia digunakan dalam program-program permainan
untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif.
|
Pendidikan
|
Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajara-pelajaran
yang sulit diterangkan (misalnya fisika dan matematika) dengan cara
konvensional.
|
Penyajian informasi
|
Multimedia dapat dipakai untuk membentuk
ensiklopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu,
multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis, baik dalam bentuk buku
elektronis maupun koran elektronis.
|
Kios interaktif
|
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai
pada tempat-tempat umum (misalnya mall atau universitas). Pemakai dapat
berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
|
Telekonferensi
|
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan
bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan kemasing-masing komputer
pemakai.
|
B. Kebutuhan Perangkat Keras
Sebuah sistem
yang dilengkapi dengan kemampuan multimediapaling tidak memiliki kompenen yang
disebut kartu suara (sound card) sepasang speaker, dan mikropon.
Kartu suara
adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio. Speaker
adalah peranti untuk menyajikan suara. Mikropon adalah peranti untuk menerima
suara manusia. Umumnya komputer sekarang telah dilengkapi komponen-komponen
tersebut. Untuk membentuk aplikasi multimedia, bermacam-macam peralatan dapat digunakan.
Gambar 1 memperlihatkan semua piranti yang dapat digunakan untuk membangun
aplikasi multimedia. Gambar 1 Berbagai peralatan yang digunakan dalam aplikasi
multimedia
C. Elemen Multimedia
Sebagaimana tersirat
dalam definisi multimedia di depan, elemen multimedia meliputi : Teks, Suara, Gamabar
statis, Animasi, dan Video.
1.
Teks
Teks merupakan
bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang
menggunakan model baris perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan
berbagai bentuk font maupun ukuran.
-
Pada awal sejarah peradaban, manusia telah menggunakan
gambar- gambar dan tulisan untuk menceritakan tentang pengalaman,
-
Teks merupakan alat komunikasi yang utama, jauh
sebelum Gutenberg menemukan mesin cetak
-
Dengan perkembangan teknologi Multimedia , teks dapat dengan
media lain dengan cara yang lebih powerful dan bermakna untuk
menyajikan informasi dan mengekspresikan perasaan
-
Teks dapat dirancang dengan menggunakan :
·
Word Processor (WP)
Teks dibuat
menggunakan WP kemudian di import dari Multimedia Authoring Program seperti
Macromedia Director atau Macromedia Authorware dalam format Rich Text Format
(RTF)
·
Authoring Software (AS)
Teks dibuat
menggunakan fasilitas text editor yangterdapat dalam program seperti Macromedia
Director
·
Format Text
a. Bullet text :
Berisi teks
pendek; diawal dengan simbol-simbol tertentu.
Digunakan untuk
menjelaskan konsep atau menjelaskan suatu maksud.
Contoh simbol
yang digunakan : *, *, 1, a, dll
b. Paragraf text
Merupakan sekumpulan
teks; biasanya terdiri lebih dari 1 kalimat.
Ada 4 bentuk
format paragraf, yaitu : left-aligned, right- aligned, centered, justified
2.
Suara
Suara merupakan
media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu: misalnya untuk memperdengarkan
cara melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris. Dengan bantuan suara, pemakai
dapat mendengar bunyi suatu kata dengan tepat.
Suara pada komputer disimpan dengan berbagai format.
Tabel 2 memperlihatkan tipe-tipe berkas suara
Tabel 2 Format berkas suara pada komputer
Format
|
Ekstensi
|
Keterangan
|
AIFF
|
Aif
|
Kepanjangannya adalah Audio Interface File Format,
merpakan standar berkas suara tersempel pada komputer Apple.
|
AU
|
.au
|
Format suara yang pertama kali dikembangkan oleh
Sun. Terkenal di lingkungan UNIX.
|
MIDI
|
.mid
|
Kepanjangannya adalah Musical Instrument Digital
Interface, merupakan format suara yang khusus menyimpan instrumen musik.
Tidak biasa untuk suara.
|
MP3
|
.mp3
|
Format yang umum digunakan untuk lagu.
|
WAVE
|
.wav
|
Format suara yang biasa dipakai untuk windows.
|
WMA
|
.wma
|
Kepanjangannya adalah Windows Media Audio, merupakan
berkas suara yang mempunyai kualitas seperti CD tetapi dengan ukuran berkas
hanya setengah dari ukuran berkas MP3.
|
Berbagai perangkat lunak dapat digunakan untuk merekam
suara. Sebagai contoh, Sound Recorder yang tersedia pada Windows dapat
digunakan untuk merekam suara dengan format WAVE.
3.
Gambar Statis
Umumnya gambar
disimpan dengan cara dimampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam
penyimpanan eksternal.Untuk melakukan pemampatan ini, ada dua teknik yang
dikenakan.Yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua adalah teknik
lossy. Teknik pemampatan lossy adalah suatu teknik yang memampatkan data
sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar
asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar
dapat dimampatkan sekecil mungkin. Teknik pemampatan lossless adalah suatu
teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya.
Banyak format gambar yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer.
Beberapa format terkenal dapat dilihat pada Tabel 3
FORMAT
|
EKSITENSI
|
KETERANGAN
|
BMP
|
.bmp
|
Kepanjangannya adalah BitMap Grafics. Format yang
biasa digunakan pada DOS dan Windows.
|
CDR
|
.cdr
|
Format gambar yang dihasilkan CorelDraw.
|
DXF
|
.dxf
|
DXF (Drawing eXchange Format) adalah format gambar
yang dihasilkan program AutoCAD.
|
EPS
|
.eps
|
Kepanjangannya adalah Encapsulated PostScript.
Format yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.
|
GIF
|
.gif
|
Kepanjangannya adalah Grafics Interchange Format.
Dikembangkan oleh Compuserve pada tahun 1987. Hanya dapat menangani 256
warna.
|
HPG
|
.hpg
|
Format dari Hewlett Packard (Hewlett Packard
Graphics Language).
|
JPG
|
.jpg
.jpeg
.jpe
|
Kepanjangannya adalah Joint Photographic Expert
Group. Tingkat kompresinya sangat tinggi.
|
PCX
|
.pcx
|
Format yang digunakan oleh perangkat lunak
Paintbrush.
|
PNG
|
.png
|
PNG (Portable Network Graphics) dirancang oleh W3C
(World Wide Web Consortium) untuk menggantikan GIF dan JPEG. Formatnya
didesain supaya tidak tergantung pada mesin, sehingga dapat ditangani oleng
sembarang jenis komputer dan sistem operasi.
|
TGA
|
.tga
|
Format Targa (TGA) merupakan format berkas gambar
yang dimuat oleh True Vision, Inc. untuk mengimplementasikan true color
(warna alami yang mengandung jutaan warna).
|
TIFF
|
.tif
|
Kepanjangannya adalah Tagged Image File Format.
Format ini bisa digunakan pada desktop publishing.
|
WMF
|
.wmf
|
Kepanjangannya adalah Windows MetaFile. Biasa
dijumpai pada Windows.
|
WPG
|
.wpg
|
Format gambar yang dihasilkan oleh DrawPerfect.
|
Berbagai
perangkat lunak tersedia untuk membuat gambar statis.Adobe Photoshop merupakan
contoh perangkat lunak terkenal di Windows yang digunakan untuk memanipulasi
gambar dan foto.Di lingkungan Linux terdapat GIMP. Paint merupakan program
grafik sederhana yang dapat digunakan untuk membuat gambar dengan menggunakan
mouse.
4.
Animasi
Aplikasi animasi
adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi
informasi dalam bentuk animasi.Animasi adalah gambar bergerak atau video dengan
konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak riil. Beberapa
contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
-
Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi
yang banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan
diproduksi oleh Macromedia Inc.
-
Houdini Animation Software, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Side Effect Software.
-
Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya
untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems
CorporationTeknik animasi yang lain yang sangat terkenal adalah morphing.
Jenis-jenis animasi :
Karakter
animasi sendiri sekarang telah berkembang yang dulu mempunyai prinsip sederhana
sekarang menjadi beberapa jenis animasi yaitu karakter animasi sendiri sekarang
telah berkembang yang dulu mempunyai prinsip sederhana sekarang menjadi
beberapa jenis animasi yaitu :
a.
Animasi 2D (2 Dimensi )
Animasi 2D biasa
juga disebut dengan film kartun.Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang
artinya gambar yang lucu.Dan film kartun itu kebanyakan film yang lucu.Contohnya
banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Shincan, Looney
Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby doo, dan masih banyak lagi. Meski
yang populer kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak
animasi kartun.
b.
Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan
teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang
dan maju pesat.Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D.Dengan animasi 3D,
karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia
aslinya.Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba¬lombalah
studio film dunia memproduksi film sejenis. Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ,
Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The
Incredible, Shark Tale. Cars, Valian.Kesemuanya itu biasa ju ga disebut dengan
animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
c.
Stop_Motion Animation
Animasi ini juga
dikenali sebagai claymation kerana animasi ini menggunakan clay (tanah liat)
sebagai objek yang di gerakkan.Teknik ini pertama kali di perkenalkan oleh
Stuart Blakton pada tahun 1906.Teknik ini seringkali digunakan dalam
menghasilkan visual effect bagi filem-filem era tahun 50an dan 60an.
Film Animasi
Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh Rarebit
Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang berjudul
Chicken Run..
Jenis ini yang
paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya.Meski namanya clay
(tanah liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa.Animasi ini memakai
plasticin, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun
1897.Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk
kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai
bentuk tokoh yang ingin dibuat.Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti
kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang lagi.Setelah tokoh-tokohnya
siap, lalu difoto gerakan per gerakan.Foto-foto tersebut lalu digabung menjadi
gambar yang bisa bergerak seperti yang kita tonton di film. Animasi ini agak
sukar untuk dihasilkan dan memerlukan kos yang tinggi.
d.
Animasi Jepang (Anime)
Anime, itulah sebutan tersendiri untuk film animasi di Jepang\, Jepang pun tak
kalah soal animasi dibanding dengan buatan eropa.Anime mempunyai karakter yang
berbeda dibandingkan dengan animasi buatan eropa. Salah satu film yang terkenal
adalah Final Fantasy Advent Children dan Jepang sudah banyak memproduksi anime
Berdasarkan teknik pembuatan
Berdasarkan teknik pembuatannya animasi dibedakan menjadi sepuluh jenis yaitu :
animasi cel, animasi frame, animasi sprite, animasi path, animasi spline,
animasi vektor, animasi clay, morphing, animasi digital dan animasi karakter.
5.
Video
Video adalah
teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang
gambar bergerak.Biasanya menggunakan film seluloid, sinyal elektronik, atau
media digital.Video juga bisa dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati
yang dibaca berurutan dalam suatu waktu dengan kecepatan tertentu.
Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan
gambar disebut dengan frame rate, dengan satufps.
Jenis-jenis Video
Video Pada
dasarnya terdapat dua jenis video dalam layer computer, yaitu : analog dan
digital video.
a. Video Analog merupakan produk dari industri pertelevisian dan oleh sebab
itu dijadikan sebagai standar televise
b. Video Digital adalah produk dari industri computer dan oleh sebab itu
dijadikan standar data digital.
1)
Video Analog
Meskipun
banyak video yang diproduksi hanya untuk platform display digital(untuk Web,
CD-ROM, atau sebagai presentasi HDTV DVD), video analaog (kebanyakan masih
digunakan untuk penyiaran televisi) masih merupakan platform yang paling banyak
diinstal untuk mengirim dan melihat video. Standar Penyiaran Video Analog : Tiga
standar penyiaran video analog yang paling banyak digunakan di dunia adalah
NTSC, PAL, dan SECAM.
a.
NTSC
Amerika serikat,
Kanada, Meksiko, Jepang, dan banyak Negara lain menggunakan system penyiaran
dan pemutaran video berdasarkan spesifikasi yang dibuat pada tahun 1952,
National Television Standar Comitee. Standar ini mendefinisikan sebuah metode
untuk mengenkode informasi kedalam sinyal video terbuat dari 525 garis
Horizontal yang di-scan dan digambar ke dalam wajah dalam tabung gambar
berfosfor setiap 1/30 detik dengan electron yang bergerak cepatb. PAL Sistem
Phase Alternate Line (PAL) digunakan di Inggris, Eropa Barat, Australia, Afrika
Selatan, Cina, dan Amerika Selatan. PAL meningkatkan resolusi layer menjadi 625
garis Horizontal, namun memperlamabta kecepatan scan menjadi 25 frame per detik.
Sama seperti saat penggunaan NTSC, garis genap dan ganjil digabungkan , setiap
field memerlukan 1/50 detik untuk menggambar (50Hz).
b.
SECAM
Sistem
Sequantial Color and Memory (digunakan di Perancis.Eropa timur, USSR (sekarang
Rusia), dan beberapa Negara lai. Meskipun SECAM merupakan system dengan 625
garis, 50 Hz, namun berbeda jauh dari system warna NTSC dan PAL dalam hal dasar
teknologi dan metode penyiaran. Terkadang TV yang dijual di Eropa memanfaatkan
dual komponen dan dapat menggunakan system PAL dan SECAM.
c.
ATSC
High Definition
Television (HDTV). Hal penting untuk produser multimedia , standar tersebut
mengizinkan adanya transmisi data ke komputer dan untuk layanan ATV interaktif
yang baru . High Definition Television (HDTV) menyediakan resolusi tinggi
dengan aspek rasio 16:9. Industri penyiaran telah mengumumkan secara resmi
format interlaced 1920 x 1080 resolusi ultra-high sebagai batu penjuru generasi
baru dari pusat hiburanterkemuka, namun industri komputer lebih senang memakai
sistem scan progresif 1280 x 720 untuk HDTV. Orang-orang yang berkecimpung
dibidang computer berpendapat nahwa kualitas gambar dalam 1280×720 lebih
superior dan stabil. Kedua format telah dimasukkan dalam standar HDTV .
2)
Video Digital
Integrasi Penuh
dari video digital dalam kamera dan komputer mengurangi nemtuk televisi analog
dari video dari produksi multimedia dan platform pengiriman, jika kamera video
anda menggerakkan sinyal output digital, Anda dapat merekam video anda langsung
ke disk, yang siap untuk diedit. Jika sebuah video klip disimpan sebagai data
pada hard disk, CD-ROM atau perangkat penyimpanan massal lain, Dunia video kini
telah mengalami perubahan dari analog ke digital.Pada konsumen rumahan dan
perkantoran kita dapat menikmati kualitas video digital yang prima lewat
hadirnya teknologi VCD dan DVD (Digital Versatile Disc), sedangkan dunia
broadcasting kini juga lambat laun mengalihkan teknologinya kearah DTV (Digital
Television).
Banyak format
video yang telah diimplementasikan dalam sistem komputer.Beberapa format
terkenal dapat dilihat pada Tabel 4.
Tabel 4 Format berbagai video pada komputer
FORMAT
|
KETERANGAN
|
AVI
|
Kepanjangannya adalah Audio/Video Interleaved,
merupakan standar video pada lingkungan windows.
Ekstensi : .avi
|
MOV
|
Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format
video yang paling banyak digunakan di Web.
|
MPEG
|
Kepanjangannya adalah Motion Picture Experts Group,
merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD.
|
Contoh perangkat
lunak terkenal yang biasa digunakan untuk membuat film dengan format AVI
ataupun yang lain yaitu Adobe Premiere. Windows juga menyediakan perangkat lunak
untuk keperluan ini, yaitu Windows Movie Maker.
D.
Perangkat Lunak
Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen dalam data processing
system, berupaprogram-program untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer
multimedia. Perangkat lunainidigolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa
pemrograman multimedia, perangkat lunak sistemmultimedia dan perangkat lunak
aplikasi multimedia.
Perangkat Lunak Untuk
Menciptakan Program Multimedia
Perangkat lunak
yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut
multimedia authoring system (atau sering disebut authoring software).Beberapa
contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon
Author, dan Multimedia Director.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dapat kita tarik
beberapa kesimpulan tentang peranan multimedia dalam pembelajaran adalah
sebagai berikut:
-
Multimedia dapat digunakan untuk membantu pembelajar
membentuk model mental yang akan memudahkannya memahami suatu konsep.
-
Pemanfaatan multimedia dapat membangkitkan motivasi
belajar para pembelajar, karena adanya multimedia membuat presentasi
pembelajaran menjadi lebih menarik.
B. Saran
Perlu
diperhatikan juga bahwa sesuatu yang menarik tidak secara otomatis mudah
dipahami karena adakalanya, suatu tampilan yang menarik justru akan memecah
fokus perhatian pembelajar. Penggunaan multimedia harus benar-benar dipilih
sesuai kebutuhan. Ada beberapa materi pembelajaran (terutama yang kompleks)
yang memerlukan multimedia, tetapi ada juga materi pembelajaran yang cukup
disampaikan secara lisan saja, tanpa perlu bantuan perangkat multimedia karena
cukup sederhananya materi tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
http://chievan.blogspot.com/2010/03/elemen-elemen-multimedia.html
http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2239020-jenis-aplikasi-multimedia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://multimedia-ais.blogspot.com/2010/10/macam-macam-software-multimedia.html
http://staffsite.gunadarma.ac.id
http://kumpulan-makalah-adinbuton.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar